Perbaharui Data Kesejahteraan Masyarakat, Mensos Buka Rakor Data Terpadu

Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang menggelar Rapat Kordinasi Nasional Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Tahun 2019, di Gedung Aneka Bhakti, Kementerian Sosial (Kemensos), Jakarta, Rabu (3/7/2019). Rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk memfasilitasi pemerintah daerah agar selalu memverifikasi dan memperbaharui data terpadu kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

“Rapat Koordinasi Nasional Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Tahun 2019 merupakan sarana untuk menciptakan inovasi dalam pemenuhan akan kebutuhan data yang valid dan akurat untuk ketepatan sasaran penyaluran beragam bantuan sosial dan subsidi yang diberikan pemerintah,” ujarnya.

Agus mengungkapkan, data ekonomi rumah tangga miskin bersifat sangat dinamis sehingga dibutuhkan pembaruan atau updating data yang harus dilakukan secara periodik. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari atau mereduksi adanya inclusion error ataupun exclusion error dalam penyaluran bantuan sosial.

“Pemutakhiran data merupakan suatu hal yang sangat penting dan dalam konteks pembangunan kesejahteraan sosial, karena yang kita kelola itu adalah keluarga prasejahtera mengenai bansos. Untuk itu, pembaharuan data menjadi kunci dan tidak bisa ditawar,” katanya.


Sumber: Suara.com

Posting Komentar