Terapkan Protokol Kesehatan, Pendamping Laksanakan Pertemuan P2K2 di Masa New Normal

Memasuki masa New Normal usai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kegiatan pertemuan kelompok Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) kembali dilaksanakan. 

Namun, pelaksanaan kegiatan rutin  bulanan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau Family Development Session (FDS) ini dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Seperti yang dilakukan oleh pelaksana PKH Kecamatan Kebumen yang melaksanakan kembali P2K2/FDS bagi KPM PKH mulai bulan Juli 2020 ini setelah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kepala desa atau lurah selaku tim gugus tugas pencegahan covid-19.

Dalam pertemuan P2K2 di masa New Normal ini, KPM wajib memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kontak langsung atau bersalaman dengan orang lain.

"Sementara salamannya cukup say hello saja geh Bu." ujar Rachmat, salah satu pendamping PKH Kecamatan Kebumen saat mengisi P2K2 di Desa Bandung, Kamis (2/7/2020) siang.

Pendamping juga mengingatkan agar senantiasa menjaga  dan mematuhi protokol kesehatan dimanapun, termasuk di rumah.

Penerapan protokol kesehatan di pertemuan kelompok sebenarnya ada sedikit kendala, terutama dalam hal jaga jarak. Mengingat lokasi P2K2 dilaksanakan secara bergilir di rumah KPM yang tidak semuanya memiliki ruangan yang luas. Namun hal itu bisa diatasi dengan memilih lokasi rumah KPM yang cukup luas atau membagi kelompok menjadi lebih kecil.

"Kalau kelompoknya dibagi dua, untuk sementara pertemuannya juga dibagi dua sesi bergantian tiap bulan," imbuhnya.

Pada pertemuan tersebut, pendamping menyampaikan materi modul Kesehatan dan Gizi dengan dengan diawali sosialisasi terkait wabah Covid-19 dan upaya pencegahannya.


P2K2 di Kelompok Bandung 4 Desa Bandung Kecamatan Kebumen. (Foto: Rahmat)

Reporter : Aji
Editor :  Nurlina

Posting Komentar