E-Warong KUBE PKH Petanahan, Alternatif Kemudahan dalam Penyaluran Bansos Bagi KPM

Elektronik warung gotong royong atau yang biasa disingkat E-warong ini merupakan warung kelontong yang dibentuk oleh beberapa anggota yang mana dalam hal ini adalah peserta PKH aktif. Mungkin tak banyak masyarakat umum yang mengenal ewarong ini, karena pada dasarnya wujudnya sama dengan warung pada umumnya, hanya beda pada pengelolaannya. 

e-Warong Al Amin, Petanahan. (Foto: Rini Ambarsari)

Ewarong ini dimiliki dan dikelola oleh kurang lebih 10 orang. Tujuan dibentuk ewarong ini sangatlah luar biasa, yaitu untuk mensejahterakan anggotanya. Harapan anggota bahwa mereka bisa keluar dari garis kemiskinan  pastinya pun keluar dari kepesertaan PKH.

Selain menjual kebutuhan sehari-hari, ewarong yang sudah bekerjasama dengan Bank Himbara ini juga turut membantu pemerintah dalam menyaluran bantuan kepada KPM, baik bantuan tunai maupun sembako. Dalam hal ini pun, pendamping PKH turut dimudahkan dalam pelaporan penerimaan bantuan. Dengan mudah, pendamping akan mengetahui KPM yang dapat mencairkan bantuannya dari laporan anggota Ewarong. Pendampiing juga dapat dengan cepat mencari solusi apabila terjadi permasalahan. 

Penyaluran Bansos di e-Warong Al Amin. (Foto: Rini Ambarsari)

Komitmen anggota ewarong kecamatan  petanahan adalah untuk memudahkan KPM dalam pengambilan bantuan, dan KPM juga dapat menerima bantuannya secara utuh tanpa biaya administrasi sedikitpun. Meskipun tidak ada uang lelah untuk menebus lelah para anggota tidak mengurangi keihlasan anggota ewarong dalam hal ini. Mereka hanya sekedar memanaatkan moment membuka warung dengan dagangan yang komplit, agar KPM yang biasanya belanja di warung tetangga atau di pasar, pada masa penyaluran mau berbelanja di ewarong sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing dan tanpa paksaan sedikitpun.

Ewarong memang belum seperti yang dibayangkan. Ewarong masih hanya sekedar warung kecil yang dagangannya apa adanya. Masih jauh dibandingkan Alfamart ataupun Indomaret yang sering kita lihat di pinggir jalan. Namun kami sebagai pedamping PKH yakin suatu saat pengurus warong akan bisa memperoleh hasil sesuai apa yang sudah dicita-citakan.


Reporter : Rini Ambarsari, S.I.Kom
Editor :  Nurlina

Posting Komentar