Pendaftaran KIP Kuliah Sudah Dibuka, Begini Cara Daftarnya


Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2021 telah dibuka. Bagi KPM yang memiliki anak sekolah kelas 12 dapat memanaatkan kesempatan ini agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan biaya dari pemerintah melalui program KIP-Kuliah.

Indonesia terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia melalui berbagai upaya cerdas. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

KIP Kuliah menggunakan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pastikan NISN, NPSN dan NIK dari calon peserta KIP Kuliah 2021 valid, sesuai data yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Kemendikbud.

KIP-Kuliah memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi. Ayo segera cari kampus idamanmu. KIP-Kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS.

Ayo mendaftar KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pendaftaran Akun di SIM KIP Kuliah dapat dilakukan melalui dua cara, yakni Siswa dapat mendaftar secara mandiri atau Perguruan Tinggi dapat mendaftarkan mahasiswa yang sudah diterima dan melakukan registrasi.

Cara mendaftar KIP-Kuliah:
1. Siswa melakukan Pendaftaran Akun secara mandiri di SIM KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps berbasis android;
2. Klik tombol "DAFTAR/MASUK" kemudian 'Daftar Baru
3. Isi formulir pendaftaran. Siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif.
4. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah; Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
5. Jika berhasil, silahkan masuk kembali ke website KIP-Kuliah menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang dikirim ke email.

Pendaftaran akun KIP Kuliah 2021 diperuntukkan untuk siswa lulusan 2021, 2020, dan 2019 yang belum terdaftar sebagai mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi.

PKH mendorong kepada anak KPM untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sebagai salah satu upaya memutus rantai kemiskinan di masa depan dengan bekal pendidikan.

--------------------------------
Pedoman Pendaftaran KIP-Kuliah tahun 2021 juga dapat diunduh di sini.

Posting Komentar