Bahan Baku Melimpah, Pendamping Prembun Latih KPM Olah Rempah Menjadi Mitra Simuntu


Adalah hal biasa dan rutin dilakukan ketika seorang Pendamping Sosial PKH berbagi ilmu pengetahuan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Untuk lebih meningkatkan antusias dan wawasan KPM, Pendamping perlu melaukan inovasi dan kolaborasi dengan pihak lain, termasuk KPM yang punya potensi.

Seperti yang dilakukan Pendamping PKH Kecamatan Prembun yang berkolaborasi dengan KPM Desa Kabuaran memberikan Pelatihan Pembuatan Minuman Tradisional untuk Sistem Imun Tubuh (Mitra Simuntu) bagi KPM dampingannya.

Sebanyak 60 KPM Desa Bagung Kecamatan Prembun mengikuti pelatihan pembuatan minuman kesehatan dengan narasumber Ibu Turiyah yang juga seorang KPM dari Desa Kabuaran, Prembun.

Pelatihan ini diberikan sebagai wujud pembelajaran pada Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) modul Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha sesi Memulai Usaha. Mengingat ketersediaan rempah-rempah di wilayah Prembun berlimpah, pendamping berinisiatif untuk mengajak para KPM memanfaatkan ketersediaan bahan baku tersebut menjadi sebuah produk minuman. 

"Narasumber ngajari (cara membuat minuman) bukan penjual. Ini cuman berbagi ilmu." ujar Ristri Apriliana Pendamping PKH Desa Bagung, Rabu (16/02/2023). 

Namun demikian, selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, Mitra Simuntu juga dapat dikembangkan sebagai salah satu produk pasar untuk menambah perekonomian KPM.

Sebelumnya, Pelatihan Pembuatan Mitra Simuntu ini telah dilakukan bagi KPM di Desa Sembirkadipaten, Prembun yang dihadiri pula oleh Koordinator Kabupaten Muri Kunjono. 
(mat)

Posting Komentar