Pendamping Sosial PKH Ikuti Bimtek di BBPPKS Jogjakarta


Sebanyak 113 Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dari berbagai kabupaten/kota mengikuti Bimtek Pendamping gelombang 2 di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta. Sejumlah 21 Pendamping Sosial Kabupaten Kebumen hasil rekrutmen tahun 2022 turut serta dalam kegiatan yang berlangsung mulai 23 - 26 Februari 2023 tersebut.

Mereka didiklat untuk diberikan bekal pengetahuan dan teknik dalam melakukan pendampingan di lapangan. Mulai dari peraturan perundang-undangan, Kode Etik, pemahaman tentang program bansos baik PKH maupun program bansos lain dari Kemensos.

Para peserta mendapat bimbingan terkait bisnis proses PKH yang menjadi salah tugas pokok Pendamping Sosial PKH. Mereka juga diberi pelatihan singkat terkait pemutahiran data / verval Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui aplikasi SIKSNG dan SIKSMobile.

Selain itu, sosialisasi pencegahan penyalahgunaan bantuan sosial juga diberikan kepada para peserta oleh tim Bareskrim Mabes Polri.


Peserta diklat mengaku beruntung dan mendapat banyak ilmu baru untuk bekal mereka dalam bekerja.

"Saya merasa bimtek yang saya ikuti sangat bermanfaat sebagai bekal kami bekerja di lapangan, apalagi kita masih baru." ujar Nasihatun Istiqomah, Pendamping Sosial PKH Kecamatan Kebumen.

Mereka juga mendapat bimbingan motivasi untuk menumbuhkan semangat, meningkatkan kesadaran dan peran aktif dalam bekerja.

Setelah mengikuti diklat ini, diharapkan para peserta dapat melaksanakan tugas dilapangan sebagai Pendamping Sosial PKH dengan baik dan sesuai Kode Etik. 

(mat)

Posting Komentar