Gandeng RSU Wijaya Kusuma, KPM PKH Kebumen Mendapat Sosialiasi Kesehatan


Pelaksana PKH Kecamatan Kebumen melaksanakan kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) berkolaborasi dengan Rumah Sakit Umum Wijayakusuma Kebumen.

Hal ini dilakukan guna menambah pengetahuan para KPM PKH dalam hal kesehatan, sesuai dengan tema Modul Kesehatan dan Gizi yang saat ini menjadi agenda penyampaian materi P2K2 selama triwulan ahir tahun 2023.

Kegiatan yang dilakukan di GOR Desa Candiwulan, Kamis (19/10/2023) dihadiri Kepala Dinsos P3A Kebumen Dwi Suliyanto, S.Sos, M.Si yang diwakili oleh Ambang Sumirat, Koordinator PKH Kabupaten Kebumen Agus Faurizan, Kepala Desa Candiwulan Ahmad Zahrudin Syauqi serta para KPM Desa Candiwulan dan Desa Bandung.

Narasumber dr. Dri Wahyuni dari RSU Wijayakusuma memaparkan materi terkait stroke mulai gejala, penyebab, pencegahan hingga pengobatannya. Pengetahuan mengenai struk penting dipahami memngingat penyakit ini dapat menimpa siapa saja dan kapan saja. Namun dengan mengenali gejala awal dan segera ditindaklunjuti dapat mencegah terkena struk.

Gejala struk dapat dikenali dengan slogan "SeGeRa Ke Rs".  Yang maksudanya Senyum tidak simetris (mencong ke satu sisi), tersedak, sulit menelan air minum secara tiba-tiba. Gerak separuh anggota tubuh melemah tiba-tiba. BicaRa pelo / tiba-tiba tidak dapat bicara / tidak mengerti kata-kata / bicara tidak nyambung.

Kebas atau baal, atau kesemutan separuh tubuh. Kemudian Rabun, pandangan satu mata kabur, terjadi tiba-tiba dan terahir Sakit kepala hebat yang muncul tiba-tiba dan tidak pernah dirasakan sebelumnya. Gangguan fungsi keseimbangan, seperti terasa berputar, gerakan sulit dikoordinasi (tremor / gemetar, sempoyongan).

Para KPM antusias mengikuti paparan materi yang disampaikan. Antusiasme nampak dari banyakanya KPM yang mengajukan pertanyaan seputar stroke saat sesi tanya jawab.

Pendamping PKH Kebumen, Siti Machmudah, menyampaikan dipilihnya RSU Wijayakusuma sebagai partner dan narasumber sebab faskes swasta tersebut memiliki program sosialisasi langsung kepada masyarakat.

 "Kami manfaatkan program sosialisasi dari RSU Wijayakusuma untuk berkolaborasi. Dengan demikian KPM pun mendapat wawasan yang lebih dalam terkait kesehatan langsung dari ahlinya." ujar Machmudah.

Adapun pelaksanaan sosialisasi kesehatan dilakukan secara estafet di tiga lokasi yakni di Pendopo Kelurahan Kebumen pada Rabu, 11 Oktober 2023. Dilanjutkan di Balai Desa Kutosari pada Rabu, 18 Oktober 2023, kemudian di GOR Desa Candiwulan pada Kamis, 19 Oktober 2023 kemarin. Sebanyak kurang lebih 500 KPM dari desa setempat dan sekitarna mengikuti rangkaian kegiatan itu.

Koordinator PKH Kecamatan Kebumen Faruh Mubarok menyampaikan kolaborasi seperti ini sangat tepat dalam mendukung pelaksanaan P2K2. 

"Saya rasa ini kegiatan yang tepat, mengingat latar belakang pendamping tidak semua dari kesehatan. Jadi bukan hanya KPM bahkan pendamping pun akan bertambah wawasannya." kata  Mubarok.

Mubarok berharap kegiatan ini bisa berlanjut di lokasi dampingan rekan-rekan yang lain.

Lebih lanjut, kegiatan-kegiatan PKH di Kecamatan Kebumen mendapat dukungan penuh dari Camat Kebumen, Bahrun Munawir, S.STP, M.Si. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Camat Kebumen hadir secara langsung pada kegiatan PKH. Seperti saat pelaksanaan P2K2 di Kelurahan Kebumen beberapa waktu lalu. (mat)

Posting Komentar