Bekali KPM Keterampilan Merajut, Pendamping Buluspesantren Datangkan Praktisi dari Luar Kota

KPM praktek membuat kerajinan rajut. (Foto: Andri)

Sekira 50 KPM PKH dari tiga desa yakni Desa Sidomoro, Desa Indrosari, dan Desa Banjurmukadan Kecamatan Buluspesantren mengikuti Pelatihan Kerajinan Merajut di Aula Balai Desa Sidomoro, Sabtu (4/11/2023) pagi.

Narasumber Rahayu Kurniati dari UMKM Denayu Handmade Wonosobo yang sudah berpengalaman dalam dunia usaha kerajinan didatangkan langsung untuk membekali KPM keterampilan merajut. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Koordinator PKH Kabupaten Kebumen, Sunarto, S.Kom, Kepala Desa Sidomoro M. Supriyono dan juga Kordinator PKH Kecamatan Buluspesantren Ali Sofyan.

Narasumber menunjukan cara merajut. (foto: Andri)

Pendamping PKH, Andri Yuli Kurniawan berharap kegiatan ini mampu membangkitkan semangat ibu-ibu KPM PKH untuk memiliki ketrampilan dan mau berwirausaha.

"Kegiatan ini diharapkan akan menjadi embrio lahirnya wirausahawan baru khususnya ibu-ibu KPM PKH yang mampu membangkitkan ekonomi di desanya masing-masing." kata Andri. 

Para KPM pun nampak antusias dan serius dalam mengikuti pelatihan. Langkah demi langkah dalam pembuatan kerajinan dari benang rajut disampaikan dengan jelas oleh narasumber sembari KPM mempraktekkan langsung. 

KPM praktek membuat kerajinan rajut. (Foto: Andri)

Narasumber Rahayu Kurniati mengungkapkan, hasil dari kerajinan rajut yang dibuat diantaranya berupa tas rajut, dompet rajut, dompet HP, dll. Ia memasarkan produknya melalui media online dengan harga jual mulai dari Rp 30 ribu sampai ratusan ribu tergantung jenisnya. 

Para KPM pun merasa senang dengan adanya kegiatan pelatihan yang diberikan tersebut. "Selain dapat ilmu pengalaman juga inspirasi, pak." ungkap Solikhatun, KPM Desa Sidomoro.

Hal yang sama dirasakan Makmuryati, KPM  Desa Banjurmukadan. Selain mendapat wawasan baru, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi antar KPM.

"Walaupun secara pribadi saya belum sepenuhnya menguasai keterampilan rajut, tapi dalam pikiran saya terlintas bagaimana agar saya bisa. Yang jelas merasa senang dan happ bisa berkumpul dengan KPM lain." ujar Makmuryati.

Narasumber, Korkab, Pendamping dan Kepala Desa Sidomoro.


Reporter: Andri | Editor: Rachmat


Posting Komentar