SDM PKH Kebumen Ikuti Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak


SDM Pelaksana PKH Kabupaten Kebumen mendapatkan sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak yang diselenggarakan oleh Bidang 4 Dinsos P3A Kabupaten Kebumen. 

Acara yang diselenggarakan pada Senin, 13 November 2023 siang di Aula Dinsos P3A Kabupaten Kebumen diikuti oleh 62 SDM PKH dari Kecamatan Sempor, Gombong, Karanganyar, Karanggayam, dan Kebumen.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos P3A Kabupaten Kebumen Marlina Indrianingrum, S.KM, M.Kes menjelaskan, nantinya seluruh SDM PKH akan mendaatkan sosialisasi namun secara bertahap.

"InshaAllah nanti semuanya akan mendapatkan sosialisasi, November ini rencananya selesai untuk seluruh kecamatan." ujar Marlina.

Narasumber Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Kebumen, Tony Rio Sihar Pakpahan, SH. M.H. memberikan wawasan seputar kekerasan khususnya kekerasan seksual yang kian marak terjadi. 

Kekerasan seksual adalah setiap perbuatan yang menghina, melecehkan, dan/atau menyerang tubuh atau reproduksi tubuh.

Menurut Data Kementerian PPPA tahun 2022 terjadi kenaikan kasus kekerasan seksual pada anak selama empat tahun terahir. Bahkan korban kekerasan seksual yang tercatat mencapai 21.221 orang.

Kondisi ini tentunya sangat memperihatinkan, dan erlu adanya pencegahan dan penangan yang tepat dan melibatkan berbagai pihak termasuk Pendamping Sosial PKH.

Lebih lanjut, Narasumber menjelaskan jenis tindak pidana kekerasan seksual, penanganan dan proses hukum yang perlu dilakukan, pihak-pihak yang terlibat dalam penaganan kasus serta tips atau solusi pencegahan kekerasan seksual. (irma/mat)


Posting Komentar