Hadirkan Nakes, KPM PKH Poncowarno Mendapat Edukasi Pencegahan Penyakit DM


Kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) KPM PKH di Desa Poncowarno, Kecamatan Poncowarno menghadirkan narasumber tenaga kesehatan (nakes) dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kutowinangun,Senin (5/2/2024). 

Kolaborasi ini dilakukan Pendamping PKH setempat, Cici Mawariani Sani dalam rangka menambah wawasan kesehatan kepada para KPM selaras dengan modul pembelajaran KPM tentang Kesehatan dan Gizi. Ia mengungkapkan, perlu melakukan hal ini karena background keilmuannya adalah sarjana pendidikan bukan dari kesehatan sehingga punya keterbatasan terkait ilmu kesehatan. 

"Karena keterbatasan saya terkait kesehatan." kata Cici.

Narasumber, Nurhidayah, tenaga kesehatan dari PKU Muhamadiyah Kutowinangun memberikan materi terkait Diabetes Melitus (DM). Para KPM antusias mengikuti pertemuan, nampak saat sesi tanya jawab dimana tidak sedikit KPM ang mengajukan pertanyaan. 

Para KPM pun mengaku senang dan bertambah wawasannya, khususnya berkaitan cara pencegahan dari penyakit Diabetes Melitus yang bersifat kronis.

Selain materi kesehatan, sharing tentang berbagai macam keluhan diluar materi dan tentang pelayanan PBI juga dilakukan. 

Koordinator PKH Kabupaten Kebumen Agus Faurizan mengungkapkan, kolaborasi ini nantinya berulang pada pertemuan-pertemuan lain didesa dampingan SDM PKH di kecamatan Poncowarno. 

(Reporter: Cici, Agus | Editor: Rahmat)

Posting Komentar