Kades Kembaran Himbau KPM PKH Kelola Sampah dengan Baik


Kepala Desa Kembaran Kecamatan Kebumen, Suparno, hadir dalam Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Kelompok KPM PKH Kembaran 2 yang dilaksanakan di rumah KPM Tri Lestari, Rabu (6/3/2024) pagi.

Selain bersilaturahmi menyapa warganya yang menerima PKH, Kades Kembaran juga memberikan himbauan kepada para KPM. Diantarana terkait keaktifan dalam kegiatan kemasyarakatan, Posyandu/Posbindu dan pengelolaan sampah. Ia juga mendorong KPM PKH untuk giat berupaya mencapai kesejahteraan keluarga dengan berwirausaha.

"Jangan sampai panjenengan semua hidup dengan mengandalkan bantuan." kata Suparno kepada para KPM.

Ia mengatakan, pihaknya siap membantu mengupayakan bantuan modal usaha bagi warganya yang memang menjalankan usaha. 

Suparno menambahkan bahwa pemerintah, baik pemerintah pusat hingga pemerintah desa, tidak kurang dalam memberikan perhatian kepada para KPM. Mengupayakan segala hal untuk kemaslahatan masyarakatnya baik dalam hal kesehatan mauun kesejahteraan. Hanya saja, masih ada masyarakat yang tidak memberikan respon yang positif terhadap upaya-upaya yang dilakukan.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah terkait pengelolaan sampah rumah tangga. Pemdes Kembaran telah memfasilitasi adanya KSM TP3SR Rukun Asri untuk mengelola sampah yang ada di Desa Kembaran, yang sebagian besar berasal dari sampah rumah tangga. Sosialisasi dan cara memilah sampah pun telah getol disampaikan kepada masyarakat melalui kelompok dasa wisma. 

"Itu semua kami lakukan untuk kebaikan panjenengan semua, bukan untuk saya ataupu pemerintah desa." imbuhnya.

Seperti dikatahui bersama, sampah yang tidak terkelola apalagi menumpuk sembarangan, dapat menimbulkan berbagai permasalahan mulai dari pencemaran lingkungan hingga timbulnya berbagai macam penyakit.

Pendamping PKH Desa Kembaran, Surachmat, menyampaikan bahwa yang dilakukan Pemdes tersebut sejalan dengan yang sedang dupayakan oleh PKH dalam mewujudkan perubahan perilaku positif KPM dalam hal kesehatan. Oleh karena itu pendamping sepakat bahwa seluruh KPM wajib mengikuti dan melaksanakan apa yang tengah dilaksanakan oleh Pemdes.

"Selain sebagai sinkronisasi antara kegiatan PKH dan program di desa, itu juga merupakan bagian dari kewajiban yang harus dipenuhi sebagai KPM PKH." kata Rachmat.

Lebih lanjut, menurut Rahmat, pengelolaan sampah rumah tangga adalah salah satu wujud pengamalan dari Modul Kesehatan dan Gizi dalam hal menjaga kebersihan lingkungan.

(Editor: Rachmat)

Posting Komentar