Apakah Bantuan PKH Cair di Bulan April?


Pak/Bu, apa bantuan PKH sudah cair?

Itu kalimat pertanyaan yang jamak ditemui pendamping di awal bulan April ini. Wajar sih KPM bertanya, tapi heran juga, kalau yang bertanya KPM lama. Karena seyogyanya sudah paham, bahwa setiap hal yang berkaitan dengan KPM PKH pasti disampaikan oleh pendamping, baik melalui Pertemuan Kelompok atau P2K2 ataupun melalui sarana komunikasi lain.

Nah sebelum jawaban to the point, mari kita ingat kembali mekanisme penyaluran bantuan PKH di tahun 2024. Sebelumnya telah diberitakan skema penyaluran bantuan PKH tahun 2024. Ada dua skema, yakni per dua bulan (dwiwulan) bagi KPM yang lembaga bayar bank Himbara (BRI,BNI,Mandiri,BTN) dan per tiga bulan (triwulan) bagi ang lembaga bayarnya PT.POS.

Bulan Periode Dwiwulan (bank Himbara):

  1. Januari-Februari
  2. Maret-April
  3. Mei-Juni
  4. Juli-Agustus
  5. September-Oktober
  6. November-Desember

Bulan Periode Triwulan (PT.POS):

  1. Januari-Maret
  2. April-Juni
  3. Juli-September
  4. Oktober-Desember

Jika melihat periode bantuan tersebut, maka bantuan PKH untuk periode ke-2 bagi KPM dengan penyalur bank Himbara cair di bulan April ini. Untuk kepastian waktu/tanggal kapan bantuan masuk ke rekening, pendamping belum dapat menjawab dengan pasti karena belum adanya SP2D.

Namun demikian, KPM diperkenankan melakukan pengecekan secara mandiri di ATM terdekat. Apabila memang didapati saldo bantuan PKH sudah masuh, maka boleh dicairkan.

Tetapi jangan lupa untuk melapor kepada pendamping apabila bantuan sudah dicairkan, sebagai catatan dan laporan rekonsiliasi. Dan tidak kalah penting, gunakanlah bantuan PKH sesuai tujuan program yakni untuk kebutuhan kesehatan dan gizi, pendidikan atau sebagai tambahan modal usaha.

Adapun bagi KPM yang penalurannya melalui PT.POS, bisa bersabar menunggu 'surat cinta' dari Pak POS.

Posting Komentar